Rabu, 04 Februari 2015

Pakai Daun Pepaya untuk Demam Berdarah

Sumber: http://www.bebeja.com/demam-berdarah-segera-pakai-daun-pepaya/

Serangan demam berdarah (DB) kini mulai mewabah kembali di banyak tempat di Indonesia. Demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam aliran darah di tubuh melalui perantara nyamuk genus Aedes itu, bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. 

Salah satu ciri gejala serangan demam berdarah selain nyeri otot, sakit kepala, serta kemunculan bintik-bintik merah di kulit tersebut adalah nilai trombosit yang jauh dari kondisi normal sebesar 150.000–450.000 mm3.

Wabah demam berdarah juga saat ini terjadi di India. Yang menarik untuk menaikkan nilai tromosit, masyarakat memanfaatkan air rebusan daun pepaya. Beberapa penangkar bibit pepaya di New Delhi kewalahan kebanjiran order lantaran masyarakat mulai ramai-ramai menanam pepaya di rumah. Menurut Vikram Saini, dari Masjid Nurseri di bilangan Pandara, New Delhi, animo masyarakat menanam pepaya demikian tinggi. Vikram saat ini bisa menjual 20–25 bibit pepaya setinggi 30–40 cm. Vikram menjelaskan para konsumen biasanya akan memetik daunnya dan meresepkan air rebusan daun pepaya itu bagi keluarga atau tetangga yang terkena demam berdarah.

Pengalaman empiris tersebut menarik perhatian banyak peneliti. Sejauh ini belum ada hasil riset yang membuktikan secara ilmiah bila senyawa yang terkandung dalam daun pepaya bisa melambungkan jumlah trombosit. Namum fakta di lapangan mengejutkan. Banyak dokter di rumahsakit di New Delhi terheran-heran saat pasien demam berdarah dengan cepat bisa mengembalikan kondisi trombosit di tubuh pada nilai normal. Suronjit Chattejee dari Indraprashtha Apollo Hospitals melaporkan banyak pasiennya segera pulang dengan kondisi trombosit normal setelah 2–3 hari mengonsumsi jus daun pepaya.

Konsumsi daun pepaya bagi penderita demam berdarah bisa ditempuh dengan 2 cara. Pertama merebus 1 lembar daun pepaya yang telah dipotong dengan 5 gelas air dan tersisa 2 gelas untuk diminum 2 kali. Kedua dengan membuat ekstrak jus daun pepaya dengan memblendernya. Preeti Chabra dari Rumahsakit Sir Ganga Rama menjelaskan banyak pasien di rumahsakit melambung dengan cepat nilai trombositnya setelah 2 hari meminum jus daun pepaya. Jadi mulai sekarang siapkan tanaman pepaya di rumah Anda sebagai obat demam berdarah.